Sabtu tanggal25 Januari yang lalu, ada sebuah kejadian unik dan tak terlupakan yg udah saya lakukan... Saya berhasil menggantikan posisi seorang Mario Lawalatta sebagai seorang MC di sebuah acara pensi anak2 SMP di daerah kawasan sekitar Pamulang. Kok bisa??? Yahhh bisalah, secara saya ini juga kerjaannya jualan congor kaya Tukul alias seorang MC... hehehe. Tapi di luar itu, ini juga karena faktor keberuntungan. Kenapa?? Karena Marionya gak jadi dateng, kebetulan banget pas itu saya lagi ada di samping panggung dan sedang ngobrol bareng temen saya (yang sebenernya partner MC saya juga...). Nah tau2 saya dipanggil ma panitia dan diminta untuk menjadi MC nya dan apakah kalian tau, pemanggilan itu hanya berselang 5 menit sebelum acaranya mulai... Woooo???? Super!!! (kata pak Mario Teguh)
Kemudian langsung saya iyakan saja tawaran tersebut. Nah kebetulan yg jadi bintang tamu di acara pensi itu adalah RAN, sebuah band yg terdiri dari 3 orang pelari yang terobsesi menjadi anak band... (ngacoo abis) hehehe... Bukanlah!!! Ran itu singkatan dari 3 personelnya yaitu Rayi, Asta, dan Nino. Masa pada kaga tau c?? Itu yg nyanyi lagu goyang dombret itu low... hehehe.. (lagi2 ngaco). Hits mereka itu ada pandangan Pertama, Hanya Untukmu, dan Selamat Pagi Dunia, dan masih banyak lainnya. Makanya jangan download lagu atau beli bajakan!! Beli kaset ORIGINAL donk...
Ini bukan pertama kalinya saya nonton RAN secara langsung dan di setiap kesempatan itu pasti para RANNERS (orang2 yg suka lari alias para fansnya RAN) pasti rame banget. Biasanya mereka anak2 ABG yg masih SMP atau SMA gitu dan saya paling benci banget berdiri di dekat2 mereka. Bukan apa2, emang sih cantik2, tapi kuping saya pengang banget dengerin teriakan mereka yg super kenceng banget!!! Untung saya ga harus ampe pergi ke THT gara2 mereka. hehehehe.. Peace RANNERS!!!
Nah entah disadari atau tidak, sebenernya RAN sudah menggunakan strategi marketing yang sangat baik sekali. Dia sangat pandai dalam "menjual" diri mereka ke publik. Segmentasi mereka sangat jelas dan untuk masuk ke segmentasi tersebut, mereka sudah melakukan hal yg sangat tepat, yaitu diferensiasi!!! Ga tau artinya??? Ya udah saya terjemahin deh, artinya itu perbedaan.
Disini RAN dengan musiknya yg penuh warna mencoba untuk menerobos kerasnya dunia musik Indonesia yang dikenal sangat licin dan sadis berdarah-darah... Wuihh serem banget kata2nya, tp memang itu sebenernya yg sedang terjadi saat ini. Band2 baru bermunculan setiap harinya, belum lagi para musisi indie yg kalau kita boleh jujur juga, sebenernya mereka juga patut diberi apresiasi yg lebih.
Lanjut, disini RAN membuat lagu cinta (yang uda jadi jargonnya para musisi indonesia) menjadi lebih hidup, ditambah lagi dengan cara berpakaian mereka, dan sikap mereka yg sangat disukai oleh para ABG yang notabenenya adalah target audience mereka. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan band2 lainnya yg biasanya menyanyikan lagu2 cinta dengan nada2 minor yg mendayu-dayu (katanya efek rumah kaca ituu..). Lalu tangga nada yg hanya itu2 saja, dengan tampang pas2an, dan cara berpakaian yg sebenernya juga terlalu apa adanya. Berbeda dengan RAN yg selalu berwarna-warni. Mungkin ini juga kali ya yg buat ABG jadi suka, soalnya personilnya RAN tampangnya bisa dikatakan lumayan untuk kelas band2 indo lainnya... Kita juga ga boleh muna, klo pasar indo itu emang masih sangat memperhatikan penampilan ketimbang skillnya... Betul gaaaa????
Nah dengan perbedaan itulah, RAN bisa sukses hingga saat ini dan masih tetep eksis di belantika musik Indonesia. Hal ini juga berlaku dalam promosi dari DJARUM BLACK. Secara Dari namanya aja uda unik, trus tampilannya apalagi. Masa rokok warnanya hitam??? tapi disitulah valuenya. DJARUM BLACK telah berhasil membuat suatu inovasi dan terobosan dalam industri rokok Indonesia. Gak sampai disitu aja, coba liat rasa yg ditawarkan. Masa iya ada rokok rasanya capucino sama teh?? Impossible banget kan??? Tapi inget, ga ada yg mustahi bro di dunia ini dan itu yg uda dibuktiin ma DJARUM BLACK.
Ternyata benerkan perbedaan itu penting?? Klo kita belajar marketing, yg namanya diferensiasi produk itu sangat penting banget untuk membedakan antara produk kita dengan produk kompetitor. Dengan adanya perbedaan ini juga, maka akan tercipta suatu publisitas dengan sendirinya. Dimana semakin produk kita berbeda dengan punya orang lain, maka orang-orang pasti akan semakin banyak yang membicarakannya. Publisitas menjadi hal yg sangat penting karena dapat mendorong adanya word of mouth. Nah klo uda jadi omongan banyak orang, udah enak banget deh. Kita ga perlu susah-susah ngepush product kita di iklan, karena emank produk kita beda jadi gampang diinget juga ma orang banyak.(saya nulis panjang lebar gini, pada ngerti kaga yaaa????)
Intinya buat semua saudara2ku, yang namanya perbedaan itu sangat penting dan bermakna. Kita diciptakan juga berbeda, makanya itu buat apa kita berusaha untuk menjadi orang lain??? Pernah ga bayangin klo bunga di dunia ini bentuknya sama ma warnanya sama semua, BT ga kita jadinya klo ngliatin kaya gitu?? Atau kalau ngliatin muka orang tapi sama semua, bisa bikin kita ga waras kaliii... hehehehe. Makanya itu, kita patut bersyukur kalau kita berbeda dan saya sangat percaya kalau kita punya kelebihan dan keunikan masing2 yg ga dimiliki oleh orang lain.
So, masih berpikir jadi orang lain???
Key Point:
Let's be your self, because you are so special friends!!!(jcs)