Care With Our Relation

Lagi-lagi kita masih belajar dari peristiwa RAN kemarin... Jangan pada bosen-bosen ya, soalnya sekarang kita bakal ngeliat dari sudut pandang yang berbeda. Kalau pas itu kita uda ngomongin tentang arti dari sebuah perbedaan, maka sekarang yang mau kita omongin itu tentang bagaimana kita menjaga hubungan yang baik dengan customer kita. Masih seputar marketing dulu, public speakingnya masih harus bersabar dulu yaaa teman2ku tercinta... Muuuaaaacchhh...


Kalau kita berbicara seputar marketing, pasti kita ga jauh-jauh sama yang namanya customer atau bahasa indonya artinya pembeli. Saat ini, customer sudah dijadikan sebagai partnership dari perusahaan. Nah saat ini ada suatu fenomena baru di masyarakat, dimana peran dari komunitas juga ikut berpengaruh besar dalam pasar suatu perusahaan. Komunitas dianggap dapat sebagai customer, inffluencer, bahkan distributor dari perusahaan. Makanya gak heran kalau setiap kali kita pergi, pasti ada aja orang-orang yang make jaket-jaket bertuliskan komunitas-komunitas tertentu. (saya juga mau buat ahh komunitas jovers alias Jojo lovers... hahahahaha)

Nah kembali lagi ke RAN, jadi pada saat lagu terakhir pada saat mereka tampil yaitu lagu "Pandangan pertama", personil Ran secara bergantian mengelapkan keringatnya ke handuknya masing-masing. Kemudian handuknya dilempar ke arah penonton, spontan saja para ABG2 yang awalnya keliatan alim langsung berubah bak harimau hutan yang belum makan 3 tahun (mati donk kelamaan gak makan??). Mereka berebutan untuk dapetin keringet yg menempel di handuk tersebut (belum juga keringet saya...). saya cuma bengong ngliatin mereka ribut sendiri, ngapain juga segitunya ma sebuah handuk kecil gitu yang notebene banyak di jual di pasar...

Nah bagian ini akan saya jelaskan di artikel yang berikutnya mengenai value. Makanya baca terus artikel2 dari saya yaaa. Lanjut, disini poin yang bisa saya analisis adalah RAN memberikan yang terbaik untuk para fansnya. Dia melemparkan "handuk" sebagai kenang-kenangan untuk fansnya yang kalau kita lihat, hal itu bisa menambah brand loyalti mereka sebagai sebuah band. Tentunya saya yakin para RANNERS pada saat itu akan semakin mencintai idola mereka tersebut. saya jamin, klo RAN diundang lagi, pasti pada dateng itu RANNERS2 dari segala penjuru mata angin... hehehehe

Sama halnya dengan itu, Djarum Black juga berupaya untuk selalu care dengan customernya. Bagaimana caranya?? Ya salah satunya dengan kegiatan DJARUM BLACK BLOG COMPETITION ini. Pastinya juga uda pada tahu donk acara-acara DJARUM BLACK lainnya, kaya DJARUM BLACK INNOVATION AWARDS, itu loh ajang paling bergengsi tentang innovasi produk baru. Trus juga ada DJARUM BLACK MOTODIFY, ajang buat orang yg demen modif2 mobilnya jadi bentuk2 yg 
aneh-aneh binti ajaib... hehehehe. Trus masih banyak lagi deh acaranya dari DJARUM BLACK yang pastinya gokil2 abis dan sangat sayang klo kalian semua lewatin.

Nah seperti yang saya bilang di atas, peran komunitas juga sangat berpengaruh dalam pasar. Itu juga yang dilihat sebagai peluang oleh DJARUM BLACK, maka dibuatlah BLACK CAR COMMUNITY, BLACK MOTOR COMMUNITY, dan BLACK COMMUNITY. Pasti uda pada tau tt ketiga hal ini kan? Bohong banget kalau ampe bilang baru denger pertama kali tt istilah ini. Secara iklannya aja banyak, uda gitu sering di jelasin juga di BLACK IN NEWS. Kalau ampe ga tau mah, pasti ga punya TV tuh dirumahnya masing2.. hehehehe

Yah pokoknya, DJARUM BLACK sudah berupaya keras menyentuh level komunitas dan hasilnya??? Bisa dilihat sendiri.... Ajang paling bergengsi untuk modif mobil itu apa?? Ajang paling bergengsi untuk innovasi itu apa??? Trus berapa jumlah anggota komunitas dari ketiga komunitasnya DJARUM BLACK??? wuiiiihhhh pokoknya dasyat banget deh DJARUM BLACK. Hal ini juga karena peran dari komunitas yang menjadi inffluencer bagi banyak orang untuk mengetahui akan hal itu. Apalagi tau sendiri, ngiklanin rokok itu susahnya minta ampun. Selain ada peraturan yang sangat ketat dari pemerintah, eh ada fatwa dari MUI kalau rokok itu haram walaupun tidak ke semua golongan. Nah disini peran dari komunitas akan semakin terasa. Oh iya, ini juga belum termasuk dar komunitas para blogger yang uda bantu promosiin DJARUM BLACK, contohnya saya ini.... hehehehe

Yah intinya pelajaran yang bisa kita dapet adalah, care dengan orang lain itu penting adanya. Tau kan tentang hukum tabur tuai?? Apa yang akan kita tabur, itu juga yang akan kita tuai. Jadi mulai dari sekarang, silahkan menabur kebaikan kepada siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Saya percaya, pasti kamu bakal dapet pahala yang berkali-kali lipat dari apa yg uda kamu kasih ke orang lain. okay??? Segitu aja dulu, saya uda ngantuk... kita lanjut ke artikel selanjutnya sebisa dan secepat saya mampu yaaa... Don't miss me everybody!!! hehehehehe
Maju terus DJARUM BLACK!!!!!

Key Point:
"Berikan yang terbaik sebagaimana mestinya kepada orang lain, maka kebaikan itu pula yang akan kita terima di kemudian hari nantinya" (Jojo)