The Power of Words...

Masuk lagi ke topik baru nih kawan-kawan. Sekarang yang akan saya bahas adalah mengenai kekuatan dari sebuah kata-kata. Mungkin uda sering denger kata-kata tentang "The Power of Dreams, The Power of Love" tapi ngaku, denger kata-kata The Power of words uda sering belum??  Padahal kalau kita mau lihat, segalanya akan dimulai dari kata. Kok bisaaa??? Nah itu dia uniknya sebuah kata, dan kita akan cari tahu, apa bener dia punya kekuatan yang dahsyat??


Di zaman yang semakin lama semakin canggih ini, dimana komunikasi telah menjadi suatu hal yang sangat datar dan semakin mudah dilakukan oleh siapapun. Kok bisa?? Ya iyalah, coba kita inget-inget jaman kita kecil dulu, orang kalau mau berkomunikasi satu dengan yang lainnya musti bersusah payah mengirim surat atau telegram, nah coba liat sekarang?? Hal apa sih yang ga bisa kita lakukan dengan yg namanya handphone??? Apalagi di saat ini dunia teknologi dan komunikasi mengalami fenomena baru yakni dengan munculnya BlackForest, ehhh salah deh, BlackBerry maksudnya. Hal ini membuat orang semakin mudah dalam berkomunikas satu dengan yang lain dan membuat orang seakan menjadi terkurung dengan dunianya sendiri, makanya tidak heran banyak orang yang mengatakan bahwa pengguna BB telah menjadi "autis" karena telah addict dengan gadget satu ini.

Oh iya, mengapa tadi saya mengatakan komunikasi semakin lama juga menjadi semakin datar, karena teknologi tadi. Coba liat aja, contohnya saya nulis blog ini, siapapun bisa membaca tulisan saya ini tanpa melihat status atau kedudukan dari saya dan pembaca. Berarti benerkan komuniasi uda makin datar saja???

Nah jika kita tahu akan hal itu, maka seharusnya kita juga harus semakin pandai dalam hal memilih kata dalam hal kita berkomunikasi dengan sesama. Tujuannya adalah jelas, agar tidak terjadi kesalah pahaman, kemudian membantu kita dalam positioning, dan bahkan kata sendiri bisa dijadikan sugesti yang baik untuk kita.

Saya mendapat contoh yang sangat baik mengenai pemilihan kata ini dari bapak Mario Teguh. Di suatu kesempatan beliau pernah berkata, "Hindari kata yakin, tapi gantilah dengan kata berharap baik!" Maksudnya apa?? Jadi ketika kita mengatakan yakin, berarti kita telah melupakan peluang terjadinya kegagalan, padahal di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Betul?? Mengapa diganti dengan berharap baik?? Karena disaat kita berharap, sesungguhnya kita telah berdoa dan meminta yang baik kepada Tuhan, karena segala sesuatu kan Tuhan yang memutuskan... Betul tidak??

Kemudian, dengan kata juga kita bisa membuat suatu permasalahan yang awalnya sepele menjadi sangat ruuuaaaarrr biasaaaaa!! Contohnya, banyak banget orang yang emosi dan ujung-ujungnya berantem bahkan tawuran, cuma gara-gara dikatain binatang atau kotoran oleh orang lain. Nah bisa lihat ga tuh betapa dahsyatnya kekuatan dari sebuah kata. Makanya hati-hati sekali dalam berkata sob.

Kata atau frase juga bisa membantu kita loh, contohnya untuk positioning dan diferensiasi. Mau bukti?? Coba, apa yang anda pikirkan kalau saya menuliskan kata, "Think Black". Pasti pikiran anda langsung ke DJARUM BLACK donk??? Nah itulah kekuatan dari kata. Cuma 2 kata saja, tapi sudah bisa menggambarkan suatu produk atau individu. Dahsyat gak???

Nah ini beberapa tips saja dari saya untuk kita dalam hal memilih kata yang efektif dalam hal berkomunikasi.
1. Hindari kata-kata bermakna ambigu
2. Pilihlah kata yang bermakna paling baik dibandingkan kata-kata lainnya
3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalau bisa mengiktu Ejaan Yang Disempurnakan akan lebih baik.. hehehehhe
4. Hindari kata-kata yang manknaya buruk di masyarakat, karena mulutmu harimaumu... betul??
5. Apa yaaa?? Habis deh kayaknya,,,, hehehehe (contoh yang buruk ini... hehehehe)

Okay, selamat memilih-milih kata yaaa teman... (Jojo)

0 komentar: