Logika, Estetika, dan Etika


Betapa beruntungnya anda diciptakan sebagai seorang manusia. Apakah anda pernah membayangkan jika anda lahir di dunia ini sebagai binatang seperti monyet atau badak? Atau juga mungkin menjadi bunga ataupun pohon-pohon yang selalu diam tanpa kata dan selalu mengikuti kemana arah angin berhembus. Manusia memang diciptakan sangat special jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya yang notabenenya hanya mengandalkan naluri untuk dapat bertahan hidup.


Nah sebagai manusia, kita punya kredit lebih dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Kita bisa membedakan mana yang benar atau salah yang kita sebut sebagai logika. Kemudian kita bisa mengetahui indah atau buruk dari yang namanya estetika dan yang terakhir, kita dapat membedakan mana yang baik atau buruk dengan yang namanya etika. Nah baru pada tahukan? Sama donk, ini juga saya dapat dari kata-kata pak SBY pada saat beliau menjadi tamu di acara talkshow sebuah TV swasta.


Namun apakah teman-teman sekalian tahu, diantara ketiganya yang terpenting adalah etika. Yup, saat ini etika merupakan satu hal yang sangat penting. Buat apa kita menjadi orang yang pintar tapi tidak mempunyai etika? Untuk apa kita menjadi orang yang kaya kalau kita juga tidak beretika. Tapi betapa dipandangnya anda ketika anda mempunyai etika yang baik di dalam hidup anda.


Bukan mengesampingkan logika dan estetika, hanya saja etika saat ini menjadi isu yang sangat sentral. Maka tidak heran jika kita sering mendengar istilah kode etik, hal ini membuktikan bahwa hal ini sangatlah penting di dalam suatu kehidupan. Namun akan jauh lebih baik apabila anda memiliki 3 aspek ini di dalam kehidupan anda, pastinya anda akan menjadi individu yang jauh lebih diperhitungkan lagi, karena sesungguhnya ketiga hal ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya.


Nah untuk melatih ketiga aspek tersebut, bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti mengikuti kompetisi salah satunya. Nah kebetulan Djarum Black buat lomba buat para blogger nih, mungkin uda aga telat ya, tapi coba aja selagi masih ada kesempatan dan ga ada ruginya kok untuk mencoba. Siapa tahu malah juara dapet netbook atau BB curve deh, jadi pada BBMan deh… mau….. hehehehehe


Tulisan ini bisa dibaca di http://myblacklovers.blogspot.com atau di note profil FB dr Jonathan Christian Susanto….

0 komentar: